1.       Deskripsi Produk

Sebagai penyedia solusi teknologi, Pusat Pelayanan Teknologi (Pusyantek) BPPT berupaya mencari solusi permasalahan nasional tersebut dengan mengembangkan Kit Diagnostik Demam Berdarah Dengue (DBD) berbasis Teknik Imunokromatografi dengan menggunakan anti – NS1 Antibodi Monoklonal. Antigen NS1 merupakan glikoprotein yang dihasilkan oleh virus dengue pada hari pertama hingga kelima pasca terjadinya infeksi. Antigen NS1 diketahui memiliki aplikasi besar dalam serodiagnosis infeksi dengue karena disekresikan dalam konsentrasi yang cukup tinggi dalam plasma atau serum penderita DBD. Kemunculan antigen NS1 lebih awal dibandingkan antibody anti – dengue, maka pendeteksian penyakit menggunakan antigen tersebut jauh lebih efektif dibandingkan dengan pendeteksian antibodi IgG/IgM.

 

2.       Keunggulan Produk

Berdasarkan hal tersebut di atas, pengenalan Kit Daignostik Demam Berdarah Dengue (DBD) sangat perlu untuk dilakukan. Selain sebagai fungsi utamanya yaitu mendeteksi dini dan non dini penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), pengenalan tersebut juga sebagai pemberitahuan bahwa teknologi dalam negeri telah mampu menjawab permasalahan bangsa yang ada. Berikut ini adalah Keunggulan dari Inovasi Kit Diagnostik Demam Berdarah Dengue (DBD).

  • Mendeteksi Dini dan Non Dini Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)

Antigen NS1 diketahui memiliki aplikasi besar dalam konsentrasi yang cukup tinggi pada plasma atau serum penderita DBD sehingga jauh lebih efektif dibandingkan dengan pendeteksian Antibodi IgG/IgM.

  • Hasil yang Diperoleh Lebih Cepat

Dengan menggunakan Kit Diagnostik Demam Berdarah Dengue (DBD) ini, hasil yang diperoleh relatif cepat yaitu sekitar 2 menit sampai 10 menit.

  • Mudah untuk Digunakan dan Disimpan

Kit Diagnostik Demam Berdarah Dengue (DBD) ini mudah digunakan karena tidak memerlukan bantuan alat apapun selain dari Kit itu sendiri dan penyimpanannya tidak memerlukan pendingin.

  • Kesehatan
  • Kesehatan
  • Kesehatan
  • Kesehatan
  • Kesehatan