1.       Deskripsi Produk

Inovasi Teknologi Biotextile hasil Pusat Pelayanan Teknologi (Pusyantek) BPPT telah didesain untuk menjawab tantangan dan permasalah ini. Biotextile ini terbuat dari bahan limbah cocofiber / cocopeat. Berukuran dimensi 30 x 30 cm yang berfungsi sebagai media penutup tanah sekaligus media tumbuh rumput atau LCC (Legume Cover Crops). Pengujian skala laboratorium serta uji lapangan skala terbatas telah dilakukan dalam rangka menguji efektifitas kelayanan teknik kaitannya dalam pengurangan run – off, erosi, dan reduksi potensi bencana longsoran tebing. Kehandalan teknis ini menyangkut Biotxtile mampu menumbuhkan tanaman LCC dengan cepat, melindungi dan menutupi tanah dari energi pukulan air hujan serta gerusan erosi. Dalam jangka panjang seiring kondisi tanah sudah tertutup oleh kanopi tanaman LCC, debit run – off dapat dikurangi sehingga daya rusak tanah akan berkurang serta sedimentasi di bagian hilir juga akan berkurang.

2.       Keunggulan Inovasi Teknologi

Berdasarkan beberapa hal tersebut di atas, pengenalan atas Inovasi Teknologi Biotextile sangat perlu dilakukan mengingat Indonesia memiliki banyak kandungan mineral di dalamnya sehingga akan banyak sekali aktivitas usaha pertambangan. Semakin banyaknya aktivitas pertambangan maka akan semakin besar pula kemungkinan bencana lahan akan terjadi. Inovasi Teknologi Biotextile dengan segala keunggulannya mampu menjawab permasalahan tersebut. Berikut ini adalah keunggulan dari Inovasi Teknologi Biotextile.

  • Mengurangi Risiko Tanah Longsor

Inovasi Teknologi Biotextile ini dapat mengurangi dan mencegah tanah longsor pada lahan yang kemiringannya tajam seperti lereng sehingga dapat mengendalikan dampak yang mungkin akan ditimbulkan oleh Bencana Lahan.

  • Mampu Menumbuhkan Tanaman Penutup Tanah

Inovasi Teknologi Biotextile ini dapat menumbuhkan tanaman penutup tanah jenis LCC (Legume Cover Crops) sehingga mampu menjaga laju erosi lembar (sheet erosion) dan erosi parit (gully erosion)

  • Lingkungan Kebumian
  • Lingkungan Kebumian
  • Lingkungan Kebumian