1.       Deskripsi Produk

Inovasi Teknologi Unit Pengolahan Air Siap Minum (Arsinum) mempunyai proses pengolahan Air dari sumur atau Air yang berasal dari PAM dipompa dengan menggunakan pompa jet sambil diinjeksi dengan larutan kaporit atau kalium permanganat dan kemudian dialirkan ke tangki reaktor. Dari tangki reaktor, air dialirkan ke saringan pasir cepat untuk menyaring oksida besi atau oksida mangan yang terbentuk di dalam tangki reaktor. Setelah disaring dengan saringan pasir, air dialirkan ke filter mangan zeolit. Filter mangan zeolit berfungsi untuk menghilangkan zat besi atau mangan yang belum sempat teroksidasi oleh chlorine atau kaporit. Dari filter mangan zeolit, air selanjutnya dialirkan ke filter karbon aktif untuk menghilangkan polutan mikro misalnya zat organic, deterjen, bau, senyawa phenol, logam berat, dan lain - lain. Setelah melalui filter karbon aktif, air dialirkan ke filter cartridge ukuran 0,5 mikron untuk menghilangkan sisa partikel padatan yang ada di dalam air sehingga air menjadi benar - benar jernih. Selanjutnya air dialirkan ke sterilisator ultra violet agar seluruh bakteri atau mikroorganisme yang ada di dalam air dapat dibunuh secara sempurna. Untuk lebih aman lagi bisa dilengkapi dengan ozon generator yang diinjeksikan setelah filter cartridge Air yang keluar dari sterilisator ozon dan ultra violet merupakan air hasil olahan yang dapat langsung diminum.

 

2.       Keunggulan Produk

Berdasarkan beberapa hal tersebut di atas dapat dilihat bahwa untuk mengolah air tanah atau air sumber menjadi air yang siap minum dapat dilakukan dengan proses yang sederhana dengan kombinasi proses oksidasi dengan kalium permanganat atau chlorine, penyaringan dengan filter pasir, filter mangan zeolit, dan karbon aktif dan dilengkapi dengan sistem disinfeksi dengan menggunakan UV sterilisator dan injeksi dengan ozon. Unit alat pengolahan air siap minum tersebut sangat berpotensi sebagai usaha industri kecil pengisian kembali air kemasan galon dan untuk daerah yang sulit air, hal tersebut sangat berpotensi ekonomis tinggi. Inovasi Teknologi ini juga berguna untuk beberapa macam hal di bawah ini.

  • Untuk Keperluan Asrama

Inovasi Teknologi Unit Pengolahan Air Siap Minum (Arsinum) ini sangat bermanfaat bagi orang - orang yang tinggal di asrama karena dapat menekan biaya hidup juga lebih praktis.

  • Untuk Permukiman Padat Penduduk

Inovasi Teknologi Unit Pengolahan Air Siap Minum (Arsinum) ini sangat bermanfaat bagi masyarakat di daerah padat pendudukan karena air tanah yang dikonsumsi mempunyai kualitas air yang kurang baik.

  • Untuk Daerah yang Kualitas Air Tanahnya Kurang Baik

Inovasi Teknologi Unit Pengolahan Air Siap Minum (Arsinum) ini sangat bermanfaat bagi daerah - daerah yang kualitas air kurang baik.

  • Lingkungan Kebumian
  • Lingkungan Kebumian
  • Lingkungan Kebumian
  • Lingkungan Kebumian
  • Lingkungan Kebumian