1.       Deskirpsi Produk

Pusat Pelayanan Teknologi (Pusyantek) BPPT telah menghasilkan produk – produk Hydroxy Apatite (Hap) berbentuk serbuk, Hap Porous, Hap Porous yang dilapisi dengan biopolymer dan bentuk granul. Masing – masing produk memiliki manfaat tersendiri dan disesuaikan dengan lingkungan aplikasinya. Hasil serbuk Hydroxy Apatite (Hap) yang dihasilkan dengan teknologi pembuata serbuk Hap dibuat menjadi bentuk granul dengan alat pembentuk granul dengan sebelumnya dicampur dengan biopolymer yang berfungsi sebagai agen pengikat sekaligas bahan yang berperan sebagai nutrisi sel sehingga produk yang dihasilkan memiliki keunggulan yang komparatif dari produk sejenis. Pada aplikasinya, tambahan sebagai bahan untuk mengatasi defect dan fraktur tulang dengan kelebihan terdapatnya nutrisi yang disediakan oleh laposan biopolymer untuk pertumbuhan sel tulang (osteoblast) dan memiliki zat antibakteri.

 

2.       Keunggulan Produk

Berdasarkan hal tersebut di atas, pengenalan produk Biokeramik Hydroxy Apatite (Hap) perlu dilakukan untuk membantu Indonesia akan ketergantungan impor karena mengakibatkan biaya yang cukup tinggi sehingga hanya dapat digunakan oleh sebagian kalangan. Selain itu, pengenalan dilakukan agar dapat memberi tahukan kalangan industri bahwa anak bangsa telah mampu membuat produk alat kesehatan dalam negeri dimana harganya dapat terjangkau oleh semua kalangan dengan segala manfaat yang terkandung dalam produk tersebut. Berikut ini adalah manfaat dan keunggulan produk Biokeramik Hydroxy Apatite.

  • Added Value terhadap Bahan Lokal

Teknologi produksi Hydroxy Apatite dibuat dengan bahan baku lokal sehingga sangat mudah untuk didapatkan dan jumlahnya sangat banyakl.

  • Pangsa Pasar yang Besar

Teknologi proses dari pembuatan bone graft dan bone substitute dari batu gamping ini serta produk turunannya disesuaikan dengan kebutuhan pasar. Pasar yang terdapat di Indonesia maupun dunia dapat dikatakan besar.

  • Produk Teknologi dengan Harga Terjangkau

Kebutuhan terhadap bahan pengganti tulang dan pengisi tulang terus meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk dan terjadinya lonjakan

  • Material
  • Material
  • Material
  • Material
  • Material