1.       Deskripsi Produk

Inovasi teknologi Rubber Airbag buatan Pusat Pelayanan Teknologi (Pusyantek) BPPT ini meruapakan salah satu dukungan pada program nasional khususnya hilirisasi karet alam serta mendukung pembangunan nasional bidang kemaritiman pada Program Tol Laut terutama industri prasarana perkapalan. Rubber Airbag dalam negeri ini diklaim 30% lebih merah daripada harga yang berasal dari impor. Inovasi teknologi ini diciptakan untuk menggantikan produk – produk impot dimana membuat serapan karet dalam negeru meningkat dan berefek secara luas dimana petani karet termanfaatkan dengan baik komoditinya. Inovasi Teknologi ini diharapkan dapat menjadi awal bagi kebangkitan industri karet dalam negeri untuk mendukung bidang maritim dengan pemanfaatan bahan baku lokal karena selama ini masih sepenuhnya impor. Dari hasil Uji Bearing Capacity, rubber airbag telah melampaui standar ISO 14409 : 2011 – Ships and Marine Technology – Ships Launching Airbags. Hasil uji ini menunjukkan kemampuan atau kekuatan rubber airbag dalam menahan bobot kapal.

 

2.       Keunggulan Produk

Berdasarkan beberapa hal tersebut di atas, pengenalan terhadap Inovasi Teknologi Rubber Airbag ini perlu dilakukan untuk kalangan Industri Perkapalan di Indonesia guna meningkatkan daya saing dan kemandirian bangsa di bidang maritim dengan memanfaatkan segala sumber daya yang ada di dalam negeri. Berikut ini adalah keunggulan dari Inovasi Teknologi Rubber Airbag.

  • Memecahkan Permasalahan Industri Hilir Karet

Inovasi Teknologi Rubber Airbag ini memiliki spesifikasi teknis (Konten Lokal 90%) khusus yang telah disesuaikan dimana dapat membantu industri pengguna untuk memenuhi kebutuhan produk tersebut di dalam negeri.

  • Harga yang Lebih Murah daripada Impor

Inovasi Teknologi Rubber Airbag ini berasal dari bahan baku karet dalam negeri dan juga produksinya dilakukan oleh industri dalam negeri sehingga dapat menghasilkan produk yang harganya lebih murah.

  • Pangsa Pasar yang Besar di Industri Perkapalan

Indonesia adalah negara yang terdiri dari ribuan pulau membutuhkan alat transportasi air yang banyak. Dari tahun ke tahun, jumlah kapal terus bertambah dan tiap tahunnya selalu ada kegiatan pembuatan kapal baru dan reparasi kapal yang membutuhkan rubber airbag.

  • Material
  • Material
  • Material
  • Material
  • Material