Tips Melindungi Diri dari Kabut Asap

Tips Melindungi Diri dari Kabut Asap

20 September 2019 Administrator

Jakarta –  Kebakaran hutan dan lahan di Riau memang bukan pertama kali terjadi. Karhutla hampir seperti bencana tahunan yang menjadi langganan Indonesia tiap tahunnya. Penyebab sering terjadinya karhutla biasanya alam (panas musim kemarau) ataupun ulah manusia. Penghasil oksigen manusia berganti dengan titik panas penghasil zat – zat berbahaya. Zat – zat yang terkandung dalam asap kebakaran hutan antara lain, Karbon Monoksida (CO), Sulfur Dioksida (SO2), Nitrogen Dioksida (NO2), dan Ozon Permukaan (O3). Jika zat- zat berbahaya tersebut mengendap ditubuh akan menjadi ancaman bagi kesehatan masyarakat.

Berikut cara untuk melindungi diri dari kabut asap:

1.      Gunakan masker jika bepergian ke luar rumah. Mungkin dampak langsung akibat karhutla saat ini adalah batuk ringan, tapi dampak – dampak dikemudian hari yang akan bertumpuk dan memiliki efek ke penyakit pernapasan lain, harus selalu diwaspadai.

2.      Bagi penderita gangguan pernapasan, penyakit jantung, dan ganguan kesehatan lainnya, hindari aktivitas di luar rumah/gedung, dan diharapkan untuk selalu membawa obat terkait penyakit jika melewati daerah rawan asap.

3.      Selalu waspada dan siap tanggap dengan reaksi tubuh. Seperti jika merasakan sesak nafas, alergi kulit, iritasi mata, segeralah datang dan konsultasi ke tenaga medis agar dapat dicegah dan diobati dengan cepat.

4.      Lakukan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), seperti makan bergizi, jangan merokok, istirahat yg cukup, agar dapat menjaga imun tubuh disituasi yang rentan terkena penyakit.

5.      Upayakan sebisa mungkin agar polusi di luar tidak masuk ke dalam rumah / sekolah / dan kantor. Agar setidaknya memiliki tempat untuk menghirup udara bersih.

6.      Pastikan jendela dan pintu tertutup rapat karena indeks standar polutan sudah berada melewati ambang batas. Karena udara di luar tercemar asap karhutla sebaiknya periksa dan bersihkan filter AC jika ingin menggunakan. Jika AC yang digunakan kotor maka berbalik mencemari udara di dalam ruangan.

7.      Membersihkan diri setelah pergi ke luar ruangan. Setiap berada di luar ruangan maka tubuh terpapar oleh partikel jahat yang terdapat dikabut asap. Jika dibiarkan maka kulit lama kelamaan akan mengalami iritasi. Akan lebih baik jika membersihkan tubuh keseluruhan, agar tubuh terlindungi lebih maksimal.

8.      Cuci makanan sebelum dikonsumsi. Karena beberapa daerah darurat asap, kebersihan makanan harus diperhatikan agar tidak membuat daya tahan tubuh menurun. Cuci dan masak bahan makanan dengan benar agar tetap higienis.

9.      Perbanyak minum air putih. Dalam keadaan normal minum air putih sangat dibutuhkan, apalagi dalam keadaan darurat asap, air putih dapat berfungsi menjaga konsentrasi tubuh dan mengeluarkan zat – zat jahat yang mungkin terhisap melalui hidung dan mulut.

10.      Penampungan air minum dan makanan harus terlindung baik. Air minum yang terkontaminasi zat berbahaya malah akan menjadi bumerang bagi tubuh. Hal yang harus diperhatikan adalah kebersihannya, air haruslah terhindari dari debu – debu agar dapat menjadi asupan yang bermanfaat.

  Demkian 10 Tips untuk melindungi diri dari kabut asap tebal yang sekarang ini sedang melanda beberapa bagian di Indonesia, semoga semua kabut asap dapt teratasi dengan cepat dan udara kembali menjadi bersih serta aman untuk dihirup seperti sediakala.