DIGITAL TRANSFORMATION : NATIONAL DIGITAL INFRASTRUCTURE

DIGITAL TRANSFORMATION : NATIONAL DIGITAL INFRASTRUCTURE

27 Oktober 2020 Administrator

Seluruh dunia saat sedang memasuki revolusi industri 4. 0, ditandai dengan berbagai teknologi cyber physical system. Teknologi ini membutuhkan penguasaan kecerdasan artifisial, internet of thing, cloud computing, dan big data. Saat ini Indonesia bersiap membangun making Indonesia 4.0 dengan 10 strategi nasional.

Sebagai upaya menjadikan Indonesia sebagai Top 5 Country in the world pada saat 100 tahun kemerdekaannya di 2045 mendatang, Indonesia membutuhkan penguasaan teknologi melalui ekosistem inovasi, ucap Kepala BPPT Hammam Riza dalam webinar Global AI Innovation, Jumat (16/10).

Making Indonesia 4.0 dapat dicapai melalui ekosistem Inovasi, bersama seluruh pemangku kepentingan mengembangkan Kecerdasan Artifisial (KA) di Indonesia. Strategi Nasional KA telah memetakan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yg mungkin muncul dalam implementasinya.

Ada lima bidang prioritas dalam pemanfaatan KA, salah satunya menyiapkan talenta Sumber Daya Manusia (SDM), karena KA adalah kecerdasan yang bisa dipelajari.

Semua orang bisa memaksimalkan KA agar pekerjaan kita lebih cepat dan efisien. KA digunakan untuk produktivitas pembangunan nasional, untuk itu diperlukan investasi, mempersiapkan SDM bertalenta digital.

Global Challenge Alibaba adalah salah satu pendorong dalam upaya mendorong talenta yang bisa memanfaatkan teknologi KA dan menghasilkan inovasi tersebut, seperti yang dibuktikan oleh tim TFRIC-19 dalam menangani COVID-19 melalui Ekosistem Inovasi.