Indonesia Emas 2045

Indonesia Emas 2045

17 Januari 2020 Administrator

Sebagai sebuah revolusi, perubahan yang terjadi memberikan efek besar kepada ekosistem dunia dan tata cara kehidupan. Revolusi industri 4.0 bahkan diyakini dapat meningkatkan perekonomian dan kualitas kehidupan secara signifikan.

 

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memunculkan konsep industri 4.0 yang memungkinkan digitalisasi seluruh proses bisnis dalam suatu industri, dan integrasi value-chain dalam ekosistem digital. Menyikapi hal tersebut, BPPT berupaya memberikan solusi teknologi, pada era perubahan yang sifatnya disruptif ini.

 

Kepala BPPT Hammam Riza saat acara Connected Planning Tour yang di gelar Anaplan menyampaikan, pentingnya Indonesia untuk memiliki perencanaan, karena kita punya visi Indonesia merdeka 100 tahun di 2045.

 

Sebagai upaya bersama untuk menjadikan Indonesia negara maju maka tidak ada keraguan untuk memilih menempatkan inovasi sebagai penghela utama ekonomi, ini adalah tantangan besar dalam mencapai Indonesia emas 2045, katanya di Jakarta (16/01).

 

Tantangan lain adalah menjadikan inovasi sebagai driven pertumbuhan ekonomi guna menjadikan Indonesia sebagai negara yang berdaya saing. “Kontribusi ilmu pengetahuan dan teknologi adalah dasar untuk meningkatkan inovasi, karenanya kita perlu memikirkan dan merencanakan bagaimana mencapai target tersebut”, jelasnya.

 

Industri 4.0 bagi Indonesia akan memberikan kontribusi luar yang biasa dan berpotensi mendukung pembangunan di berbagai sektor dan memiliki kesempatan bagi Indoneia menjadi negara 10 besar dunia melalui pemanfaatan teknologi guna mengejar pertumbuhan industri.

 

Disisi lain, sumberdaya manusia yang unggul adalah bagian penting dalam melakukan transformasi dan harus siap dalam menghadapi era industri 4.0. Badan usaha dan dunia industri adalah bagian dari upaya kita dalam meraih keberhasilan bersama dan tidak hanya pemerintah saja. Karenanya yang menjadikan suatu negara itu maju adalah badan usaha dalam menghela pertumbuhan ekonomi, pungkasnya. (Humas/HMP BPPT)